Artikel Berita Biro Bina Mental Spiritual Kebudayaan Pemda DIY Pendidikan Setda DIY

FGD Awal Kajian Penyusunan Rencana Aksi Daerah Peningkatan Kesejahteraan Anak Usia Sekolah dan Remaja (RAD PIJAR)

Menindaklanjuti Permenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI No. 1 Tahun 2022 tentang Rencana Aksi Nasional Peningkatan Kesejahteraan Anak Usia Sekolah dan Remaja (RAN PIJAR), maka Pemerintah Daerah Tingkat Provinsi harus menyusun program-program terkait PIJAR sehingga dapat dilaksanakan dalam kegiatan-kegiatan dan Kepala Daerah juga memastikan masuk program prioritas. Tujuan utama dari RAN adalah terwujudnya kondisi anak sekolah dan remaja Indonesia yang sehat, tinggal dalam lingkungan yang aman dan suportif serta memberikan kesempatan belajar dan meningkatkan keterampilan hidupnya, agar dapat berkontribusi aktif dalam masyarakat dan memiliki ketahanan serta mampu mengambil sikap secara mandiri.

Pemda DIY melalui Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY bekerjasama dengan Tim Ahli saat ini tengah menyusun Rencana Aksi Daerah (RAD) PIJAR. Tenaga Ahli meliputi Bidang Pendidikan, Psikologi dan Kesehatan.

Pada tanggal 15 November 2023, Tim Kerja Bagian SDM Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY menyelenggarakan FGD Awal Kajian RAD PIJAR. FGD dilaksanakan di Gedung Abimanyu Unit 9 Lantai 3 Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta. Acara dibuka oleh Kepala Biro dalam hal ini diwakili oleh Ketua Tim Kerja Bagian Kesehatan Bpk. Drs. Wiryawan Sudianto, M.Si dan dilanjutkan dengan paparan kajian oleh Tim Ahli, paparan materi tentang Kesejahteraan Anak Usia Sekolah dan Remaja oleh Rachma Safitri dari Yayasan Kampung Halaman, serta materi tentang Kesehatan Reproduksi Remaja oleh Indana Laazulva, SIP, M.Kes selaku konsultan UNFPA dan Siklus Indonesia untuk pendidikan kesehatan reproduksi komprehensif. Tujuan FGD ini adalah memperoleh masukan, data dan informasi sebagai bahan penyusunan kajian.