Berita Kesehatan Pemda DIY

Expose Implementasi Integrasi Layanan Primer (ILP) Kesehatan di DIY

Sejak 2022, Kementerian Kesehatan berkomitmen dalam melakukan transformasi layanan primer dengan melakukan ujicoba Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP) di 9 lokus Puskesmas yang mewakili Puskesmas wilayah perkotaan, pedesaan, daerah terpencil, dan daerah sangat terpencil. Program ILP menunjukkan hasil yang baik. Salah satunya ditandai dengan peningkatan kemampuan kader kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat.
Pada 31 Agustus 2023 Kementerian Kesehatan menyelenggarakan Launching Nasional Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP) di Jakarta. Kegiatan yang bertujuan meningkatkan cakupan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan primer di Indonesia tersebut, sekaligus sebagai wujud implementasi transformasi pilar pertama Transformasi Kesehatan.
Pelayanan kesehatan primer merupakan salah satu pilar utama dalam sistem kesehatan nasional. Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan primer memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif, efektif, dan efisien kepada masyarakat.
Namun demikian, masih terdapat beberapa kendala dalam pelayanan kesehatan primer di Puskesmas, di antaranya:

  1. Fragmentasi layanan kesehatan primer.
  2. Keterbatasan sumber daya manusia dan keuangan.
  3. Kesenjangan kualitas pelayanan kesehatan primer antar wilayah.
  4. Implementasi Integrasi Layanan Primer (ILP) merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kendala- kendala tersebut.

ILP bertujuan untuk mengintegrasikan berbagai layanan kesehatan primer, termasuk promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.
Kebijakan Pelayanan Kesehatan Primer dan Implementasi Integrasi Layanan Primer (ILP) di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2024 bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan primer yang komprehensif, efektif, dan efisien melalui penerapan Integrasi Layanan Primer (ILP) di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 20 Agustus 2024 di Ruang Rapat Gedung Wisanggeni Unit 8 Lantai 3 Komplek Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk mengumpulkan bahan rekomendasi dalam penyusunan Kebijakan Pelayanan Kesehatan Primer dan Implementasi Integrasi Layanan Primer (ILP) di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta di tahun 2024, dengan tujuan antara lain:

  1. Melakukan koordinasi terkait Implementasi Integrasi Layanan Primer (ILP)
  2. Melakukan pemetaan hambatan terkait Implementasi Integrasi Layanan Primer (ILP)
  3. Sosialisasi terkait Implementasi Integrasi Layanan Primer (ILP)
  4. Mengumpulkan saran dan masukan sebagai bahan penyusunan regulasi terkait Implementasi Integrasi Layanan Primer (ILP).

Narasumber yang akan melakukan Expose antara lain:

  1. Dinas Kesehatan DIY (Pembukaan)
  2. Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta
  3. Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman
  4. Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul
  5. Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul
  6. Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo

Output dari kegiatan Kebijakan Pelayanan Kesehatan Rujukan Dan Primer, Expose Implementasi Integrasi Layanan Primer (ILP) di DIY adalah laporan hasil kegiatan dan bahan rekomendasi kebijakan tentang layanan kesehatan rujukan dan primer di wilayah DIY tahun 2024.