Berita Biro Bina Mental Spiritual Kesehatan

Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Jaminan Kesehatan

Pada hari Rabu tanggal 26 Januari 2022 telah dilaksanakan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi mengenai Jaminan Kesehatan oleh Sub Bagian Layanan Kesehatan, Bagian Kebijakan Kesehatan Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY. Rapat yang dilaksanakan di Ruang Rapat Indische Komplek Kepatihan ini diikuti oleh sejumlah undangan baik internal Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY maupun OPD dan lembaga terkait, diantaranya Dinas Sosial DIY, Dinas Kesehatan DIY, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY, Bapeljamkessos DIY, Biro Tata Pemerintahan Setda DIY, Bappeda DIY, BPJS, dan beberapa lembaga sosial seperti Baznas, lazisMu, dan LazisNu.

Kegiatan ini  bertujuan untuk menghimpun informasi sekaligus melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi mengenai pelaksanaan pemberian jaminan kesehatan. Disampaikan juga kendala dan dinamika yang terjadi saat memberikan layanan oleh OPD dan lembaga masing-masing.

Rapat dibuka oleh Kasubbag Analis Kebijakan Layanan Kesehatan Bapak Munsif Sahirul Alim, S.Si., M.Si., M.Eng yang sekaligus menyampaikan agenda rapat. Dilanjutkan dengan sambutan dan arahan dari Kepala Bagian Kebijakan Kesehatan Ibu Yustin Dhamayanti, S.E., M.Si. Beberapa penekanan yang disampaikan diantaranya adalah bahwa koordinasi dan sinkronisasi antar OPD dan lembaga sangat penting agar dapat saling memberi masukan, pengalaman, bertukar informasi, serta saling melengkapi terutama dalam pemberian layanan jaminan kesehatan kepada masyarakat. Penting juga agar ada forum jaminan kesehatan semesta yang dapat menjadi wadah komunikasi dan koordinasi antar OPD dan lembaga pemberi layanan jaminan kesehatan.

Dalam sesi diskusi, masing-masing peserta rapat menyampaikan pengalaman dalam memberikan layanan jaminan kesehatan pada masyarakat, baik oleh OPD yang menggunakan APBN/APBD maupun oleh lembaga sosial sesuai dengan sumber dana masing-masing. Termasuk kendala apa saja yang dialami.

Dengan diskusi ini banyak sekali keuntungan yang didapat diantaranya membuka kesempatan kerjasama antara masing-masing OPD dan lembaga  sehingga layanan  jaminan kesehatan yang diberikan efektif dan tepat sasaran. Bagi Subbag Yankes sendiri semua informasi dari hasil rapat sangat penting sebagai bahan menyusun draft/bahan/masukan dalam menyusun regulasi di tingkat provinsi dalam hal jaminan kesehatan.

Kegiatan berakhir pukul 11.30 WIB dan akan dilanjutkan dengan rapat selanjutnya dengan agenda yang lebih spesifik.

Tinggalkan Balasan