Berita Biro Bina Mental Spiritual Kesehatan Laporan Pemda DIY

Monev Pelaksanaan Kebijakan Penganggaran dalam rangka Penanganan Covid 19

Pada hari Kamis tanggal 17 Februari 2022 telah dilaksanakan Rapat Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Penganggaran dalam rangka Penanganan Covid 19 oleh Bagian Kebijakan Kesehatan Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY. Dihadiri oleh OPD dan stakeholder terkait rapat dibuka oleh Kabag Kebijakan Kesehatan, Drs. Wiryawan Sudianto, M.Si tepat pukul 09.30 WIB.
Agenda rapat salah satunya adalah untuk mengumpulkan data sekaligus melaksanakan pemantauan mengenai kesiapan OPD terkait penanganan kasus covid selama situasi pandemi, dalam hal ini termasuk mengenai penganggaran. Rapat berlangsung interaktif, dimana masing-masing anggota rapat menyampaikan kondisi, kesiapan, serta kendala dalam menghadapi potensi lonjakan kasus covid.
Beberapa kendala diantaranya adalah adanya potensi refocusing anggaran yang membuat puskesmas sebagai faskes 1 harus mampu dinamis, tetap memberikan pelayanan yang optimal meskipun beberapa anggaran harus di alih fungsikan.
Selain itu, banyak kebijakan yang sifatnya mendadak sehingga persiapan di lapangan, terutama tenaga kesehatan sangat minim, sementara program percepatan seperti vaksinasi kadang belum diikuti dengan dukungan anggaran untuk teknis pelaksanaan yang meliputi anggaran untuk SDM serta sarana prasarananya.


Tinggalkan Balasan