Artikel Berita Biro Bina Mental Spiritual Keagamaan

Pemerintah Daerah DIY Menghadiri DHARMASANTI WAISAK 2567 TAHUN 2023

Kepala Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY, Djarot Margiantoro, STP, M.Sc membacakan Sambutan Gubernur DIY pada acara DHARMASANTI WAISAK 2567 TAHUN 2023 yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 17 Juni 2023 bertempat Hall Santikara Student Center Sleman.

Dalam sambutan tersebut disampaikan bahwa momen Waisak kiranya sangat tepat untuk refleksi, introspeksi dan mengevaluasikan sikap perilaku sepanjang tahun, guna melenyapkan racun keserakahan, kebencian dan kebodohan dan menyempurnakan segala kebajikan. 

Tugas yang paling  penting dalam menjaga pikiran manusia ialah membasmi sampai ke akarnya deraan badai yang paling buruk yang selalu dikobarkan umat manusia, yaitu keserakahan, kebencian dan kebodohan, khayalan dan nafsu sebagai penyebab paling besar dari rasa sakit dan penderitaan yang di alami manusia. 

Dikaitkan dengan tema perayaan Hari Waisak 2023 yaitu toleransi dan untuk temanya yaitu “Aktualisasikan Ajaran Buddha Dharma Di Dalam Kehidupan Sehari-Hari” dengan sub tema “Momentum Waisak Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Serta Perdamaian Dunia”. Maka besar harapan saya, agar segenap umat Buddha dapat terus mengasah kepekaan dan empati, baik dalam mengambil posisi maupun dalam menjalankan peran sebagai salah satu unsur penggerak dinamika bangsa.

 Umat Buddha diharapkan dapat menerjemahkan dan mengimplementasikan ajaran Buddha di kehidupan sehari-hari, pandai-pandailah dalam membaca konteks, sehingga tercipta jalan tengah, yang merupakan salah satu kunci utama dalam mewujudkan harmoni.