Rapat JKN
Berita Biro Bina Mental Spiritual Fasilitasi Kesehatan Pemda DIY

Optimalisasi Penyelenggaraan JKN di Wilayah DIY

Dalam rangka memberikan kepastian perlindungan Jaminan Kesehatan kepada seluruh penduduk serta sebagai upaya terwujudnya Universal Health Coverage (UHC) di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY telah melaksanakan rapat Optimalisasi Penyelenggaraan JKN pada hari Kamis, 18 Juni 2024 di Ruang Rapat Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY, dengan hasil antara lain:

  1. Pembuatan Draft Peraturan Gubernur dan Draft Surat Edaran Gubernur atau Instruksi Gubernur oleh Biro Hukum Setda DIY dengan batasan waktu maksimal Minggu 21 Juli 2024.
  2. Mengundang Rapat via Zoom dengan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten/Kota dan Dinas Sosial Kabupaten/Kota dalam rangka untuk membahas Surat Edaran atau Instruksi Gubernur, pada tanggal 23 Juli 2024.
  3. Membuatkan Nota Dinas untuk Surat Edaran atau Instruksi Gubernur oleh Biro Bina Mental Spiritual ke Biro Hukum maksimal pada tanggal 25 Juli 2024.

Hasilnya diharapkan akan dapat mendukung acara penilaian dalam UHC Award 2024, yang rencana akan diselenggarakan di bulan Agustus 2024. Sebelum tanggal 1 Agustus 2024 diharapkan SE atau Ingub sudah selesai sehingga dapat segera ditindak-lanjuti dengan pembuatan regulasi di tingkat Kabupaten/Kota, guna mengoptimasi pelaksanaan JKN pada saat pelayanan kepada masyarakat di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. (msa)