Berita Keagamaan Nasional Pemda DIY

Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Daerah XXVI DIY Tahun 2021

Pemerintah Daerah DIY melalui Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY bersama Kanwil DIY Kemenag RI menggelar Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Daerah XXVI DIY Tahun 2021. Mengusung tema ‘Nilai Qurani, Modal Membangun Harmoni dalam Pluralitas Yogyakarta Debagai Kota Toleransi’, keiatan ini akan dilaksanakan pada 9 dan 10 April.

Seleksi Tilawatil Quran (STQ) merupakan bagian dari Pembinaan Mental Spiritual melalui fasilitasi festival keagamaan bagi umat Muslim. Tujuannya untuk meningkatkan gairah membaca, menghafalkan serta mentadabbur isi dan kandungan Alquran, menciptakan generasi qurani yang handal dan berprestasi.

Ada 10 cabang yang dilombakan, yakni Tilawah Alquran Dewasa, Tilawah Alquran Anak, Hifzhil Quran 1 Juz, Hifzhil Quran 5 Juz, Hifzhil Quran 10 Juz, Hifzhil Quran 20 Juz, Hifzhil Quran 30 Juz, Tafsir Alquran, Musabaqah 100 Hadis Nabi, dan Musabaqah 500 Hadis Nabi.

Berbeda dengan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, STQ Daerah XXVI tahun ini dilaksanakan terpusat di Lingkungan Kantor Gubernur DIY, Komplek Kepatihan Yogyakarta. Mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19, kegiatan ini akan dilaksanakan secara sederhana.

STQ Daerah XXVI DIY ini diharapkan dapat membentuk kader-kader bangsa berjiwa qurani, menuju keadilan dan kesejahteraan lahir batin di tengah masyarakat Yogyakarta yang beragam baik secara religi maupun kultural.

Tinggalkan Balasan